Saya menjadi chiropractor dan praketek lebih dari sepuluh tahun, empat tahun di Major League Baseball Amerika. Pada setiap formulir catatan, saya selalu memasukan pertanyaan tentang pasien tidur terlentang, tidur samping atau terlungkup. Tujuannya adalah memastikan mereka menggunakan bantal dan tempat tidur yang tepat untuk posisi tidur.

Awalnya saat mengajukan pertanyaan, dan ini terjadi sudah bertahun-tahun yang lalu, ekspektasi saya adalah bahwa kebanyakan pasien akan mengakui bahwa mereka tidur di satu dari tiga posisi tidur ini.

Tidur Selalu Bergerak

Yang saya temukan, berdasarkan ribuan tanggapan pasien selama bertahun-tahun, adalah bahwa setidaknya 60% dari pasien saya tidak hanya tidur samping, terlentang atau terlungkup. Kebanyakan, tidur nyamping kemudian dan bergeser menjadi terlentang sepanjang malam.

Artinya, mereka tidur terlentang kemudian bergeser sesekali ke tidur samping atau, lebih umum, mereka tidur samping kemudian bergeser sesekali ke tidur terlentang.

Meskipun selama tiudr REM(Rapid Eye Moement), kita sebenarnya dalam keadaan lumpuh, pada fase tidur yang lain, bolak-balik adala sangat biasa. Selama bertahun-tahun, saya mengembangkan teori untuk menjelaskan pergeseran dari tidur terlentang ke tidur samping. Jawabannya ternyata berhubungan dengan punggung dan bawaan tubuh dari lahir.

Tidur, Duduk dan Berdiri

Anda lihat, ketika kita tidur dalam posisi tidur sampaing, kita sering meringkuk kaki keatas sedikit, untuk punggung bawah, ini mendekati posisi “duduk”. Namun, ketika kita beralih ke posisi tidur di punggung, punggung kita sekarang lebih dalam posisi “berdiri”.

Sama secara intuitif kita tahu untuk tidak duduk atau berdiri selama berjam-jam pada siang hari karena merasa tidak nyaman pada punggung kita, tampaknya posisi tiudr kita memiliki isyarat yang sama pada malam hari juga.

Tidur dan Punggung Bawah

Fakta yang disayangkan bahwa 80% orang Amerika menderita masalah punggung di beberapa titik selama hidup mereka. Mengingat bahwa kita menghabiskan, rata-rata, 1/3 hidup kita di tempat tidur, sangat masuk akal kita memastikan bahwa kita tidak tidur dengan cara yang memberi kontribusi pada masalah punggung bawah.

Banyak pasien saya selama bertahun-tahun bertanya posisi tidur terbaik tidur untuk punggung bawah. Jawaban saya selalu sama.

Posisi Tidur Terbaik untuk Punggung Bawah

Pertama, jika Anda tidur terlengkup, Anda perlu sebisa mungkin mencoba menghentikan kebiasaan ini. Tidak hanya posisi ini menempatkan punggung bawah Anda dalam posisi tidak nyaman karena terlalu terregang, tetapi juga memaksa leher Anda berotasi sepanjang malam, hal ini sangat tidak sehat untuk kedua area tulang belakang.

Ada beberapa pemikiran dari komunitas psikologi bahwa posisi tidur terlengkup mungkin mempunyai masalah emosional. orang yang tidur telengkup sering merasa sulit untuk sepenuhnya bersantai untuk tertidur baik pada posisi tidur terlentang atau tidur samping.

Beberapa orang percaya ini ada hubungannya dengan “pusat jantung” (terletak di daerah dada) membutuhkan tingkat kompresi terentu agar posisi tidur ini merasa aman. Jadi, saya selalu rekomendasi bahwa pasien saya yang biasanya tidur terlengkup mencoba untuk tidur samping.

Pilih Bantal dan Tempat Tidur yang Tepat

Untuk orang tiudr terlengkup, saya sarankan menggunakan bantal pada daerah dada untuk menciptakan kompresi yang mereka suka saat tidur terlengkup.

Untuk posisi tidur samping, idealnya kita ingin memiliki bantal di antara lutut kita. Saya sarankan tinggi bantal ini sekitar lebar satu kepalan tangan. Ini akan berfungsi untuk menjaga pinggul dalam posisi netral, meminimalkan kompresi atau torsi kekuatan pada sendi sacroiliac(pinggul dalam), yang merupakan sumber sangat umum dari nyeri punggung bawah.

Untuk posisi tiudr terlentang, idealnya, kita ingin tidur dengan bantal di bawah lutut kita. Ketinggian bantal harus setara dengan sekitar lebar dua kepalan tangan. Dengan menempatkan bantal di bawah lutut saat tidur terlentang, sendi tulang belakang punggung tertarik hanya sedikit, baik untuk mencegah kekakuan sendi ini sepanjang malam.

Jadi, singkatnya, posisi tidur terlentang dan tidur samping terbaik terutama memakai ukuran bantal kepala yang tepat, tempat tidur dan bantal lutut yang benar dimanfaatkan untuk meningkatkan tulang belakang netral dan sehat, akhirnya.

Tempat tidur minimalis SLEEPLICITY sangat supportif untuk semua posisi tidur. Coba lihat di https://sleep.zeesindo.com

Saduran dari Blog Dr. Jarrett Grunstein